Wednesday, September 22, 2010

Skuter Listrik Mini, Simbol Kebebasan Anak Muda Urban


Baru kemarin Smart menampilkan wujud asli konsep skuter listrik eScooter yang akan dipajang di Paris Motor Show pada akhir bulan ini, sang rival Mini, juga langsung menampilkan sekaligus tiga model Scooter E Concept yang kental dengan nuansa retro.

Konsep studi
Kendati demikian, dalam rilisnya MINI menyebut skuter listrik—masih merupakan konsep studi—merupakan alat transportasi simbol kebebasan anak muda urban masa kini. Maklum, kalau pakai mobil di kota, macetnya minta ampun!

Karena itulah, skuter ini tampil gaya. Dengan demikian, tidak malu-maluin atau boleh dibanggakan dan dijadikan bahan pembicaraan ketika rendevouz atau gaul di kafe-kafe bersama komunitas atau dipakai buat shopping dan sebagainya.

Skuter listrik juga dilengkapi dengan aksesori alat komunikasi dan gadget anak muda masa kini. Misalnya, charger telepon seluler dan sistem hiburan. Juga ada koneksi Bluetooth yang dihubungkan ke helm khusus MINI yang telah dilengkapi dengan mikrofon dan headphone. Jadi, sepanjang jalan pengendaranya bisa menelepon atau mendengarkan hiburan. Tambahan lainnya, skuter juga bisa dilengkapi sistem navigasi biar kagak nyasar atau cepat sampai di tujuan.

Karena itu, penampilan skuter ini berkesan dinamis dan trendi, mirip desain Honda Scoopy. Lampu utama (head light) dipasang di bagian tameng depan unit dan dua lampu sein di kedua sisinya. Selain itu, beberapa aksentuasi krom turut memperkuat kesan vintage yang ditawarkan.

Model pertama bernama Ego untuk mobilitas satu orang saja. Model ini didominasi dengan warna putih dan biru di sekujur "tubuh"-nya. Kedua, model "E", versi ramah lingkungan dibedakan dengan warna abu-abu dan hijau limo muda. Terakhir, "British Racing", paling retro di antara model lainnya. Versi terakhir, untuk menambah kesan lama, bodinya dilabur warna hitam yang dipadu dengan hijau tua dan sentuhan coklat tua di jok. Pijakan kakinya juga memberi kesan "tua".

Seluruh model dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di roda belakang. Skuter ini dilengkapi sistem energi regeneratif yang dihasilkan saat mengerem disimpan di baterai lithium-ion. Baterai bisa dicas langsung ke sistem listrik konvensional di rumah-rumah dengan mencolokkan kabel yang berada sisi kiri di bawah sadel.

Kalau baterai penuh, skuter ini bisa diajak muter-muter untuk menempuh jarak 100 kilometer dan bisa dikebut 60 km/jam. Kendati MINI belum menyebut harga, media memperkirakannya 2.500 euro setara Rp 29,9 juta. (Kompas)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap