Tuesday, April 5, 2011

Legenda Audi Quattro Hidup Lagi



Nama Audi Quattro pernah membahana di arena reli dunia pada era 1980-an. Bahkan mobil bertenaga 550 HP gerak empat roda yang dikemudikan wanita pereli asal perancis Michele Mouton, sempat merebut runner up dunia pada 1985. Dan masuk 1990-an Audi menghilang dari kancah reli.

Kabarnya, pabrikan mobil Jerman itu ingin memproduksi Audi Quattro. Konsepnya sudah dipamerkan di Paris Motor Show 2010. Namun menurut sejumlah informasi, Quattro itu akan dibangun pada platform Audi S5.

Para perancangan dan rekayasa Audi telah mempertunjukkan konsepnya kepada dewan direksi Audi. Pihak perusahaan, konon siap memberi lampu hijau untuk siap diproduksi, meski belum ada konfirmasi kapan diumumkannya. Tapi, Autocar membocorkan informasi kalau Audi akan dipasarkan pada 2013.

Dari segi desain, tampilan Quattro sangat keren dan kesan sport sangat kuat. Garis-garis yang menjadi ciri kuat Quattro lama tampak pada bagian depan. Kecuali lampu depan ganda yang tersembunyi di bemper atas, plus kap mesin yang terdapat semacam rongga udara yang tipis.

Itu menyiratkan kalau Quattro memiliki tenaga yang hebat. Dibalik kap mesin teronggok jantung pacu berkapasitas 2,5 Liter dilengkapi turbocharged yang sama seperti pada Audi TT RS. Hanya, kalau pada TT RS tenaganya 250kW, untuk Quattro didongkrak jadi 300 kW dengan torsi 480Nm. Ketika berakselerasi 0-100 km perjam dicapai 3,9 detik.

Galaknya Quattro ini, selain karena tenaga mesin, juga ditunjang oleh bobot yang lebih ringan 300 kg dari S5. Bisa lebih ringan lantaran bodi terbuat dari aluminium dan juga ada yang menggunakan serat karbon seperti kap mesin. (Kompas)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap