
Kekekehan Volkswagen AG (VW) mengakuisisi 2,5 miliar dollar AS atau 20 persen saham Suzuki Motor Corporation (SMC) yang dilakukan tahun lalu, ternyata punya strategi khusus. Prinsipal asal Jerman ingin memasarkan A-Star dengan merek baru di India dan negara Asia.
Salah seorang sumber dari VW, seperti dilansir economic times, hari ini (22/2) mengatakan, beberapa modifikasi akan dilakukan baik dari interior atau eksterior. "Tetap akan ada perubahan pada desain dasar meski spesifikasi teknis masih mirip."
Dalam kesepakatan tersebut, Suzuki menyetujui memasok A-Star ke VW untuk dipasarkan menggunakan merek dagang lain. Sama seperti Nissan yang juga pakai A-Star untuk pasar Eropa dengan nama Pixo. Maruti dan VW dikabarkan saling mendukung agar tercipta sebuah produk yang sesuai dengan permintaan pasar global.
Maruti sendiri memasarkan A-Star di pasar domestik dan mengekspor unit ke negara lain dengan nama Alto yang dipasok dari pabrik Manesar, Haryana, India. A-Star merupakan produk yang diciptakan SMC khusus menggarap negara-negara berkembang dengan menetapkan standar tertentu, termasuk pengujian tabrak (test crash), tingkat emisi gas dan peraturan lingkungan. (Kompas)
No comments:
Post a Comment