Wednesday, January 26, 2011

Tablet Dorong Apple ke Posisi 3 di Pasar PC


Sebuah studi melaporkan bahwa tablet cukup memberikan kontribusi yang signifikan dalam penjualan PC. Bahkan Apple dinobatkan sebagai vendor PC nomor 3 terbesar di dunia.

Ranking ini mencakup seluruh pengapalan PC di dunia dan dibuat oleh perusahaan riset Canalys. Berbeda dengan perusahaan riset lain, Canalys lebih suka memasukkan tablet dalam kategori PC, sama halnya dengan notebook maupun netbook.

"Dari hasil studi kami hanya Apple yang memiliki tingkat pertumbuhan penjualan yang signifikan sehingga mereka berhak mengisi posisi 3 di pasar PC dunia. Posisi pertama masih diduduki oleh HP dengan pangsa pasar 17,7 persen," ujar analis dari Canalys, Tim Coulling, seperti dikutip melalui Yahoo News, Kamis (27/1/2011).

Penurunan pangsa pasar memang terjadi di HP. Menurut Canalys, pada kuartal yang sama tahun lalu, HP sempat memiliki pangsa pasar sekira 20,5 persen. Namun sekarang turun hanya 17,7 persen.

Acer, yang menduduki posisi kedua, harus pasrah dengan penurunan pangsa pasar sekira 1,2 persen, dari sekira 14 persen di 2009 menjadi hanya 12,8 persen di tahun 2010.

Sedangkan pangsa pasar Apple naik cukup besar menjadi 10,8 persen dari hanya 3,8 persen di tahun sebelumnya. Peningkatan ini mencapai 241 persen dengan jumlah total PC yang terjual mencapai 11,5 juta unit.

Dell menduduki posisi di belakang Apple dengan pengapalan sekira 11,4 juta unit dan pangsa pasar yang sama dengan Apple, sekira 10,8 persen. Sedangkan Lenovo menduduki posisi kelima dengan pangsa pasar 9,1 persen, atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya 8,8 persen.

Firma riset lainnya, termasuk Gartner dan IDC, mengklaim jika perkembangan pasar PC mengalami penurunan sekira tiga persen pada akhir 2010. Namun keduanya tidak menyertakan penjualan tablet dalam riset tersebut.

Analis lain cari Canalys, Daryl Chiam, bersikeras bahwa iPad tetap masuk dalam kategori PC, terlepas dari pro-kontra mengenai bentuknya.

"Argumen apapun yang menyebut bahwa sebuah pad (komputer tablet) bukanlah PC sangat keliru. Dengan ukuran layar tujuh inchi atau lebih, kekuatan prosesor yang bagus serta aplikasi yang terus bertambah, tablet bisa dibandingkan dengan netbook. Keduanya berkompetisi untuk konsumen yang sama," tegas Chiam. (Okezone)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap