Monday, January 17, 2011

Mobil Polisi Tercepat di Inggris


Para pengguna jalan raya di Inggris nampaknya kini harus lebih berhati-hati bila melanggar rambu lalu lintas, ataupun melewati batas kecepatan.

Mereka tidak bisa lagi seenaknya berlari dari kejaran petugas kepolisian, sebab saat ini Central Motorway Police Group menggunakan sebuah kendaraan sport yang dapat berakselerasi dengan cepat.

Yup, para pengguna jalan di West Midlands, Inggris kini harus siap untuk dikejar sebuah Lotus Evora bila ketahuan melanggar rambu lalu lintas.

Seperti dikutip dari Topspeed Senin (17/01/2011) mobil yang memiliki dua buah pintu itu, saat ini sedang dalam tahap uji coba selama dua mingggu.

Seperti layaknya mobil polisi khas Inggris, Evora ini juga menggunakan paduan warna putih, kuning dan biru gelap, lengkap dengan sebuah lampu strobo yang berkedip dengan warna biru.

“Lotus bangga untuk mengambil bagian dalam inisiatif ini, untuk membantu menciptakan sebuah budaya jalan lebih aman bagi pengguna jalan lainnya. Kami akan bekerja sama dengan petugas dari CMPG, "jelas Gino Rosato, Direktur Operasi Perusahaan Lotus.

Evora saat ini disebut-sebut sebagai mobil polisi tercepat di Inggris. Mobil itu diaktifkan oleh mesin V6 3.500 cc keluaran Toyota, yang siap memproduksi tenaga hingga 276 hp pada 6.400 rpm dan torsi 258 lb-ft pada 4.700 rpm.

Tenaga sebesar itu lantas digunakan untuk menggerakkan roda belakang melalui bantuan transmisi manual 6-speed.

Untuk berakselerasi 0-100 km/jam hanya butuh wakti 5,1 detik. Sementara kecepatan maksimum dapat mencapai 261 km/jam. Asiknya, emisi CO2 Lotus Evora hanya 205 g/km. Dan konsumsi bahan bakarnya 8,7 liter per 100 km.

Evora sebenarnya merupakan pengembangan dari Elise. Penyempurnaan terjadi pada kinerja mesin, sistem suspensi, tingkat akurat pengereman dan juga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar. (Okezone)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap