Monday, November 8, 2010

E-Ink Pamerkan e-Paper Berwarna


Tak lama lagi, perangkat pembaca e-book seperti Kindle buatan Amazon bakal menggunakan layar warna. E-ink, perusahaan yang mengembangkan layar untuk perangkat-perangkat e-reader tersebut, Senin (8/11/2010) meluncurkan e-paper berwarna.

Teknologi e-paper berwarna yang disebut Triton tersebut bisa menampilkan ribuan warna. teknologi e-paper yang dipakai saat ini hanya menampilkan warna hitam putih dengan 16 tingkat kecerahan saja.

Dengan tampilan warna, layar e-paper lebih felsibel dan nyaman untuk menampilkan grafik, foto, komik, dan media iklan. Namun, untuk menampilkan animasi atau video kemungkinan masih belum ideal.

Meski demikian, layar e-paper juga punya banyak kelebihan dibandingkan LCD. Layar tersebut jauh lebih tipis sehingga perangkat yang menggunakan bisa dibuat ringan. Kebutuhan daya listriknyajuga jauh lebih rendah sehingga sebuah perangkiat e-reader bisa digunakan selama berhari-hari bahkan hitungan minggu, tidak seperti LCD yang cuma tahan hitungan jam.

Namun, perangkat pertama yang akan menggunakan layar warna E-ink bukanlah Kindle. Teknologi tersdebut diadopsi pertama kali oleh Hanvon, produsen hardware dari China. (Kompas)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap