Monday, November 22, 2010

Hyundai-Kia Salip Toyota


Ada prestasi baru yang diraih Hyundai Motor Group di Eropa. Dua merek andalannya, Hyundai dan Kia berhasil menggeser posisi Toyota dalam pemasaran di Benua Biru untuk 2010 ini.

Menurut data Industri Otomotif Eropa (European Automobile Manufacturers’ Association), penjualan Hyundai-Kia dalam 10 bulan pertama menguat 4 persen atau telah menjual hingga 521.369 unit dibanding periode yang sama pada 2009. Sedangkan posisi Toyota sebaliknya, terpangkas 17 persen hanya mencapai 511.754 unit.

Peningkatan pasar terhadap produk Korea Selatan di antaranya melonjaknya permintaan terhadap model sport utility vehicle (SUV) ix35 atau di Indonesia dikenal dengan Tucson, kemudian i30 dan Kia cee’d. Selain itu, aksi recall jutaan unit yang dialami Toyota sepertinya ikut berpengaruh besar pada penjualan unit di Eropa. Ditambah pasar otomotif di Eropa juga tengah menurun.

"Hyundai dan Kia benar-benar memperoleh pengaruh positif dari recall Toyota. Mereka juga berhasil memperlebar model-model yang ditawarkan ke pasar Eropa membuatnya lebih banyak pilihan," ujar Ahn Sang Joon, analis industri otomotif dari Tong Yang Securities Inc di Soul, Korsel.

Secara total, pasar otomotif di Eropa melemah 5 persen tahun ini menjadi 11,6 juta unit. Sementara itu, Nissan merupakan merek yang menorehkan peningkatan penjualan terbesar dengan 13 persen dibandingkan pemain lain. (Kompas)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap