Tuesday, December 7, 2010

Apa Itu Chrome OS?


Sejak awal tahun ini Google gencar memamerkan sebuah era berkomputer cara baru melalui sistem operasi Chrome (Chrome OS). Kemarin secara resmi mereka memamerkan perangkat notebook yang berbasis OS komputasi awan tersebut.

Bagi sebagian orang, mungkin akan bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan OS Chrome tersebut? Apakah ini berbeda dengan OS Windows milik Microsoft.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/12/2010), antara Windows dan bahkan sistem operasi lainnya di komputer dengan Chrome OS terletak pada komputasi awannya. Dengan Chrome OS, pengguna tidak perlu membuka atau membeli lisensi suatu software, semua dilakukan melalui apa yang disebut cloud computing.

Berikut ini, kelebihan dan fitur utama dari Chrome OS;

- Sebuah pengalaman berbasis Awan: Semua aplikasi, dokumen, dan pengaturan disimpan dengan aman di awan (cloud). Jadi bahkan jika pengguna kehilangan komputernya, pengguna bisa login ke notebook lain yang berbasis Chrome OS dan kembali bekerja.

- Selalu terhubung: Integrated wifi untuk rumah dan pekerjaan, dan 3G untuk semua tempat di antaranya.

- Keamanan yang solid: notebook Chrome menggunakan teknologi canggih untuk membantu mencegah malware dan virus mengakses data Anda.

- Upgrade dengan sendirinya: Setiap kali pengguna menghidupkan notebook Chrome, upgrade akan dilakukan dengan sendirinya dengan fitur-fitur terbaru dan sejumlah perbaikan.
Ini artinya pengguna tidak perlu pusing lagi memikirkan 'lubang-lubang' seandainya terjadi dalam OS.

- Aplikasi berbasis web; Setiap notebook Chrome semuannya menjalankan aplikasi berbasis web, dari permainan sampai mengedit foto semuanya berbasis web. Ini belum termasuk aplikasi terbaru dari Chrome Web Store atau hanya mengetik URL ke address bar, yang artinya tidak ada CD yang diperlukan. (Okezone)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap