Monday, December 20, 2010

XL Ujicoba LTE, Download 350MB Cuma 66 Detik


Teknologi jaringan seluler terus berkembang, menjawab kebutuhan industri yang juga semakin beragam. Salah satu teknologi terbaru adalah LTE (Long Term Evolution) yang dikategorikan mengusung teknologi 4G.

Operator telekomunikasi PT XL Axiata menjawab tantangan tersebut dengan mulai melakukan ujicoba LTE. Ujicoba ini dilakukan melalui siaran langsung televisi (live report) pertama di Indonesia bersama salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.

"Kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan seluler kini telah beranjak ke soal kualitas. Bukan lagi sekedar bisa nelpon dengan tarif murah. Kami sangat memahami, karena dengan kualitas jaringan yang memang benar-benar bagus akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari layanan seluler," kata Direktur Network XL, Dian Siswarini di sela acara ujicoba teknologi LTE, di Graha XL, Senin (20/12/2010).

Ditambahkan Dian, dari apa yang didengar dan pelajari mengenai LTE diketahui bahwa LTE menawarkan sejumlah keunggulan dan sesuai untuk GSM. Karena itu kami perlu mengujinya secara langsung agar bisa mengetahui cara kerja dan apa saja yang bisa dilakukan oleh teknologi yang katanya demikian canggih.

Sementara itu, Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengatakan, saat ini memang belum bisa disebutkan berapa tarif yang akan dikenakan untuk teknologi LTE.

"Kami juga belum bisa menyebutkan berapa target pelanggan, atau investasinya, masih belum bisa," kata Hasnul.

Sesuai dengan izin yang diberikan regulator, ujicoba hanya terbatas di area Grha XL, kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Ujicoba akan meliputi pengujian atas kecepatan dan kemampuan teknologi LTE dalam mendukung kegiatan sehari-hari seperti streaming video, download musik, broadcating gambar/video dan sebagainya. Untuk mendukung program ujicoba ini, XL juga melakukan kerjasama dengan sejumlah universitas, seperti Universitas Indonesia serta Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Pada ujicoba kali ini, XL mencatat kecepatan LTE hingga kisaran 100 Mbps untuk download. Selain itu untuk mendownload file multimedia (foto) dengan ukuran 350 MB, dengan LTE hanya dibutuhkan waktu 66 detik. Padahal saat ini untuk ukuran file tersebut dibutuhkan waktu sekira dua jam. (okezone/Ketok)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap