Thursday, December 9, 2010

Port VGA Segera Pensiun

Produsen hardware mengatakan, terlalu lama port VGA analog digunakan. Tampilnya port analog untuk monitor komputer dimulai dari port CGA, EGA dan VGA.

Produsen perangkat komputer seperti AMD, Intel, Dell, Lenovo, Samsung Electronics LCD Business dan LG Display akan mempercepat pemakaian port digital seperti HDMI.

Intel dan AMD mengatakan tidak terlalu lama lagi mendukung Video Graphics Array (VGA) dan low voltage differential signalling technology (LVDS). 4 tahun lagi kedua port tersebut akan dilepas untuk tidak dipakai pada perangkat elektronik.

Port VGA memang sangat lama, sudah ada sejak 20 tahun lalu. Sementara teknologi saat ini sudah berubah. Laptop semakin kecil, panel monitor semakin besar, keuntungan pada sistem hemat power, teknologi bi-directional dan efisiennya DisplayPort lebih baik dibandingkan LVDS.

Intel dan AMD masih mempertahankan LVDS sampai 2013, VGA masih akan ada sampai 2015 bagi chip-set Intel dan procesor. AMD memilih untuk memprioritaskan DVI-I untuk penganti VGA. (Ketok)

No comments:

Post a Comment

 
Themes by ASRock Celebrity News - Privacy Policy - Sitemap